8 Cara Membuat Bibit Cabe Hias Agar Tumbuh Dengan Baik

8  Cara Membuat Bibit Cabe Hias Agar Tumbuh Dengan Baik


Seiring berkembangnya peminat pada cabe pelangi atau cabai hias Bolivian Rainbow Pepper. Membuat banyak orang inginkan secara independen menanam pohon cabai ini . Bahkan umumnya dari kamu sendiri telah belanja bibit ini secara online untuk ditanam sendiri. Walau sebenarnya tidak amat percaya bagaimana cara membuat bibit cabe hias yang  kamu mempunyai bisa tumbuh bersama baik.

Meski terlihat cantik dan terhitung amat unik. Bibit cabe hias mesti ditanam dengan beberapa langkah khusus agar tumbuh bersama baik. Cabai ini bisa saja muncul layaknya cabai terhadap biasanya dan cukup tahan hama. Namun jikalau kamu keliru didalam cara pembibitan dan penanaman maka cabai yang anda tanam tidak dapat tumbuh bersama baik.

Bagi Anda yang sudah membudidayakan cabai ini dan dambakan menanamnya kembali melalui proses pembibitan sendiri. Simak langkah- lankahnya dibawah ini supaya hasil yang anda sanggup dapat maksimal.

a. Cara sebabkan bibit cabai hias melalui sistem pembibitan biji

1. Persiapan Pembenihan
Sebelum proses penanaman itynterjadi , Aada proses pembenhina yang jadi awal dari semuanya. Cek terhadap tnaman phon cabai hias kamu apakah ada cabia yang sudah cukup matang dan tua untuk dipetik. Kemudian belah anggota kulitnya dan pisahkan pada biji dan kulitnya.
2. Perendaman Biji
Rendam biji yang sudah kamu ambil didalam air biasa selamam beberpa jam . selanjutnya cuci dan remas- remas agar pada biji sanggup terpisah bersama dengan sempurna. Llau ganti arinya dan rendam semalaman agar benih tereklupas dari kulit ari dan juga lendir yang menempel.

3. Proses Pencucian Bibit
Setelah semalaman tiriskan biji yang direndam dan cuci kembali hingga lender benar benar hilang. Lendir yang tidak benar- benar bersih bakal menjadi persoalan dan membuat cabai  tidak bisa tumbuh bersama dengan sempurna. Adanya lendir terhadap bibit mampu mencegah perkembangan benih itu sendiri.

4. Proses Penjemuran Biji
Setelah ditiriskan, jemur bibit cabai yang sudah dicuci dibawah cahaya matahari hingga  benar- benar kering. Bibit cabai yang kering berikut daoat disimoan di daam wadah yang tertutup dan kedap udara. Jika penyimpanan dilakukan bersama dengan tepat. Bibit selanjutnya daoat bertahan hingga 3 th. lamanya,

b. Cara membuat bibit cabai hias melalui  penyemaian tunas
1. Rendam didalam air  bibit yang anda simpan di awalnya dan telah melalui sistem pengeringan . Tidak mesti direndam sangat lama cukup 15 hingga 20 menit saja . Asal udah memadai menyerap air. Tiriskan.
2. Siapkan Poliybag seukuran gelas kecil atau Polibag paling kecil bersama dengan ukuran kira-kira 6X7. Beri lubang di bagian bawah Polibag yang sudah disiapakan. Aaau terkecuali kamu tidak memilki Polibag anda bisa mengfungsikan gelas air kemasan untuk gantinya.
3. Isi Polibag atau gelas bekas air kemasan dengan tnah bernutrisi yang terdiri berasal dari tanah , pupuk kompos dan juga pupuk kandang. Atau salah satunya saja .
4. Kemudian buat lubang terhadap tanah yang tekah disiapkan dan tanam biji cabai terhadap kedalaman kurang lebih ¼  berasal dari ukuran Polybag. Lalu timbij lagi dnegan tnaha. Lakukan penyiraman dengan air yang dicampur pupuk organik sepanjang sehari satu kali bersama spray . Dan dilaksanakan paling baik pada pukul 3 sore.

Bibit cabe anda bakal tumbuh di dalam kurang lebih sepanjang 16 hari. Setakh itu And adapat memindahkan bibit ke dalam Polybag yang lebih besar sehingga mencapai ukuran sedang sebelum saat dipindahkan ke tanah secara  langsung.

Nah proses  pembibitan cabe pelangi telah selesai. Cara diatas terlampau gampang diikuti bukan?. Anda I mampu coba langkah memicu bibit cabe hias ini di rumah.  Cukup mudah dan simpel. Selamat menanam.
Share on Google Plus

About Om Pare

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar